Monday, August 19, 2013

Jangan Asal Sembarang Minimalis

Seputar Rumah dan Bangunan - Banyak orang yang ingin punya rumah bergaya minimalis. Baik itu gaya arsitektur maupun desain interior minimalis. Padahal minimalis itu bukan hanya gaya arsitektur. Pengaplikasiannya harus diikuti dengan gaya hidup yang sesuai.

Gaya bangunan dan rumah minimalis sejatinya terinspirasi oleh gaya hidup Zen, dari Jepang, yang menganggap semakin sedikit benda yang digunakan atau dimiliki, semakin tenanglah hidup seseorang. Itu sebabnya gaya desain minimalis, hanya sedikit bermain warna. Untuk penataan interior harus seminimal mungkin menggunakan furnitur.

Contoh pada ruang keluarga, tidak diperlukan pakai banyak kursi atau sofa. Kalau perlu cukup dengan menggelar karpet dan beberapa bantal sebagai alas duduk. Begitu pula dengan kamar tidur, kalau memang ingin disebut minimalis, gunakan saja futon, seperti di Jepang. Dengan demikian, begitu tidak digunakan bisa digulung dan disimpan. Jadi ruangan bisa digunakan untuk keperluan lain. Dan semakin sedikit barang yang kita punya atau gunakan, semakin minimalislah kita.
Rumah Minimalis
Futon


Sebetulnya gaya hiduplah yang akan menentukan seperti apa bangunan dan penataan rumah kita. Jadi bukan hanya menganggap minimalis sebagai tren dan gaya hidup. Jadi, jangan asal sembarang minimalis.

No comments:

Post a Comment