Tuesday, September 10, 2013

Karpet rumah bersih dan awet


Karpet Rumah Minimalis

Karpet adalah perlengkapan rumah yang butuh perawatan dan penanganan khusus. Perawatan yang kurang baik dapat menyebabkan karpet kotor dan mudah rusak. Berikut beberapa tips agar karpet anda awet.

1. Hindari Berjalan dengan Kaki Telanjang di atas karpet
Gunakan kaus kaki atau sandal tipis saat berjalan di atas karpet. Anggapan bahwa berjalan di rumah tanpa alas kaki orang beranggapan bahwa berjalan di rumah tanpa alas kaki bisa membuat karpet bersih lebih lama adalah anggapan yang sepenuhnya tidak benar. Kaki mengeluarkan keringat dan minyak, yang bisa menempel pada karpet sehingga menyebabkan debu dan kotoran mudah melekat

2. Bersihkan Karpet Sesering Mungkin
Bersihkan karper dengan vacum cleaner/penyedot debu minimal seminggu sekali. Fokuskan pada daerah yang sering dilewati orang, karena umumnya lebih banyak kotoran yang menempel di area tersebut. Kotoran yang menumpuk tidak baik untuk keseharan dan lebih cepat merusak karpet

3. Tidak Cuci Karpet dengan Sabun
Sebaiknya tidak mencuci karpet Anda dengan deterjen atau pembersih yang mengandung sabun. Busa yang dihasilkan sabun akan meninggalkan sisa residu yang akan mengikat lebih banyak debu di karpet. Selain itu, residu sabun tadi juga melemahkan serat karpet sehingga karpet mudah robek atau rusak. Bahan paling tepat untuk membersihkan karpet adalah cuka putih. Campurkan satu botol cuka dengan satu galon air. Siramkan campuran tersebut ke atas karpet, sikat sebentar, lalu bilas dengan air bersih.
Bau cuka akan hilang dalam 24 jam, jadi anda tidak perlu kuatir rumah anda berbau cuka. Tapi perlu dipastikan bahwa karpet anda tidak dalam keadaan lembab dalam waktu lama.

No comments:

Post a Comment